Senin, 15 Desember 2008

Tips merawat rambut gimbal

Jika kalian memang sudah siap dengan style rambut gimbal, maka kalian harus siap dengan Perawatannya. Agak ribet memang bila dibandingkan dengan rambut biasa, namun perawatan ini kudu dilakukan demi menjaga kesuburan rambut. Nah, ada beberapa perawatan yang wajib dilakoni oleh pemilik rambut gimbal..,Yakni:
1. Keramas
Keramas bisa dilakukan sendiri atau di salon-salon yang memasang jasa keramas untuk rambut gimbal. Kalau di salon, memang kita tak perlu susah-susah, namun jika kita melakukannya sendiri tentunya akan berbeda. Untuk keramas yang dilakukan sendiri, disarankan untuk menggunakan air yang langsung mengalir/dari shower karena supaya kotoran langsung jatug ke bawah tidak meninggal di gulungan rambut. Biasanya juga keramas yang dilakukan sendiri ada yang memakai spon mandi atau merendam rambut di bak.
Tips saat keramas : gunakan jari-jari untuk memijat-mijat kulit kepala. Perlu hati-hati dan jangan terlalu keras karena bisa merusak gulungan rambuyang sudah digimbal. Air hangat lebih baik digunakan karena akan lebih mudah melarutkan kotoran.
Waktu keramas adalah sama ketika rambut kita masih biasa. Keramas bisa menggunakan sampo biasa dan sampo antiseptic. Setelah keramas, biasanya rambut gimbal dipijat dengan tonic/vitamin rambut.

2. Gunakan hairdryer
Ini berguna untuk mengeringkan rambut gimbal sehabis keramas. Hairdryer diperlukan untuk mengeringkan satu demi satu gulungan rambut yang gimbal, apalagi kalau gimbalnya gede-gede, air yang digunakan waktu keramas meresap kebagian/sela2 rambut, dan hairdryer bisa menjangkau bagian ini. Jangan terlalu dekat dengan rambut ketika memakai headrayer ini karena rambut akan mengkerut dan pecah-pecah. Dekatkan kira-kira dengan panasnya yang cukup. Gunakan juga handuk bersih untuk mengusap-usap bagian yang telah kering.

3. Gunakan obat kutu
4. Gunakan kupluk/salt untuk menutup rambut /melindungi rambut dari debu dan kotoran juga untuk menghindari dari panasnya terik matahari.
5. Reparasi rambut : Biasanya harus dilakukan 3 bulan sekali. Reparasi ini adalah dengan menyulam dan mengikat lagi rambut yang sudah tidak tertata rapi / keluar dari sulaman.



_tOnTonaN gRatIZzz_